Depan Perpustakaan Desa Pasayangan

Perpustakaan Desa Pasayangan

A.  Latar Belakang

Perpustakaan berkembang pesat dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan perkembangan pola kehidupan masyarakat , kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi. Perkembangan tersebut juga membawa dampak kepada "pengelompokkan" perpustakaan berdasarkan pola-pola kehidupan, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi tadi. Istilah-istilah perpustakaan "membengkak" menjadi sangat luas namun cenderung mempunyai sebuah spesifikasi tertentu. Dilihat dari perkembangan teknologi informasinya perpustakaan berkembang dari perpustakaan tradisional, semi-tradisional, elektronik, digital hingga perpustakaan "virtual". Kemudian dilihat dari pola kehidupan masyarakat  berkembang mulai perpustakaan desa, perpustakaan masjid, perpustakaan pribadi, perpustakaan keliling, dan sebagainya. Kemudian juga dilihat dari perkembangan kebutuhan dan pengetahuan sekarang ini banyak bermunculan istilah perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan anak-anak, perpustakaan Desa, perpustakaan akademik (perguruan tinggi), perpustakaan perusahaan, dan lain sebagainya.

 

B.  Visi dan Misi Perpustakaan Desa

 

1.    VISI

a.    Menjadikan perpustakaan Desa “Jendela Dunia” Desa Pasayangan  sebagai Jantung Pemebelajaran, pusat layanan informasi dan ilmu pengetahuan dengan standar pengelolaan yang berlaku.

b.    Sebagai sumber belajar warga Desa guna mendukung kegitan belajar mengajar  yang terdepan sebagai investasi sumber daya pengetahuan yang cukup lengkap.

c.    Memberikan layanan kepada civitas akademika dan pengguna perpustakaan secara luas, dan ikut merealisasikan visi misi serta suksesnya program utama perpustakaan Desa yaitu sebagai jantung Pembelajaran ilmu pengetahuan seluruh warga Desa.

 

2.    MISI

a.    Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia

b.    Pengembangan Sumber Daya Informasi Tercetak dan Elektronik

c.    Pengembangan Layanan layanan prima berbasis komputer

d.   Melaksanakan layanan perpustakaan terautomasi

e.    Mengelola informasi serta menyebarluaskan informasi

f.     Mewujudkan kualitas dan kuanitas buku bacaan dan referensi

g.    Melayani semua warga Desa dengan layanan prima

h.    Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel

 

PENGORGANISASIAN

 

A. Struktur Organisasi Perpustakaan Desa “Jendela Dunia” Desa Pasayangan

·       Kepala Desa                                             : Didi Dulhadi

·       Kepala Perpustakaan/Ketua                     : Irfan Ali, S.Pd

·       Bunda Literasi                                         : Wina Agustina

·       Bidang Pengadaan & Pengolahan Data    : Wasih

·       Bidang Pelayanan dan Pemeliharaan       : Juju Juhaerah

 

B. Tugas Masing-Masing Bagian Dalam Sistem Organisasi Perpustakaan

Ketua

  1. Mengendalikan seluruh kegiatan perpustakaan Desa/Kel.;
  2. Membuat program kerja tahunan
  3. Mengendalikan keuangan perpustakaan;
  4. Melakukan       upaya-upaya      untuk      meningkatkan        minat                            baca masyarakat;
  5. Melakukan upaya-upaya untuk menambah koleksi buku dan sarana yang diperlukan;
  6. Mengusahakan dana untuk kegiatan perpustakaan;
  7. Melaksanakan kegiatan pelayanan perpustakaan
  8. Membangun komunikasi dan kerjasama dengan perpustakaan- perpustakaan lain.

Bunda Literasi Desa

  1. Mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam pengembangan budaya baca;
  2. Menciptakan inovasi-inovasi kegiatan untuk budaya baca sejak dini;
  3. Mempromosikan        dan      mempublikasikan        peran dan fungsi perpustakaan desa sebagai pusat kegiatan pelibatan masyarakat.
  4. Mempasilitasi dan mengakomodir kebutuhan masyarakat melalui membaca

Bidang Pengadaan dan Pengolahan

  1. Membantu ketua membuat program kerja urusan pengolahan buku/koleksi;
  2. Melaksanakan pemilihan dan seleksi bahan pustaka;
  3. Membuat data buku perpustakaan desa;
  4. Melaksanakan pengolahan meliputi : menginventarisir buku, mengklasir, membuat label,kartu buku, katalog, slip tanggal kembali dan kantong buku;
  5. Membuat stitistik pengunjung
  6. Membuat laporan kegiatan pengadaan dan pengolahan bahan pustaka.

Bidang Pelayanan dan Pemeliharaan

  1. Membantu Ketua perpustakaan dalam membuat porgram kerja urusan pelayanan dan pemeliharaan;
  2. Membuat       dan       menentukan       aturan/tata       tertib                         pengunjung perpustakaan desa;
  3. Menerima pendaftaran anggota;
  4. Menata dan membersekan buku-buku di rak;
  5. Melakukan pendataan terhadap peminjaman buku yang terlambat;
  6. Melakukan upaya menumbuh kembangkan minat baca pada masyarakat;
  7. Melakukan promosi dan pemasyarakat perpustakaan;
  8. Malaksanakan kegiatan pemeliharaan berupa : Reproduksi/alih bentuk, penjilidan/perbaikan, laminasi, fumigasi, penyiangan, pengaturan kondisi ruangan dan tehnik pengambilan buku dalam rak;
  9. Membuat statistik pengunjung, peminjaman dan pemustaka. yang dibca di tempat;
  10. Membuat laporan urusan pelayanan dan pemeliharaan.